Skip to main content

Cerita Mistis Warga di Balik Penemuan Tikus "Keramat" Air Genus Baru di SulBar

( Foto : LIPI )

Jakarta - Waiomys mamasae adalah genus baru tikus air yang ditemukan ilmuwan Indonesia bersama ilmuwan Australia dan Amerika Serikat. Ternyata di balik penemuan tikus air ini ada cerita misteri yang diyakini warga sekitar.

Tikus air yang tidak satu spesies dengan saudara jauhnya di Papua dan Australia ini ditemukan pada tahun 2012 di Mamasa, Sulawesi Barat. Warga sekitar hutan Mamasa tempat ditemukannya tikus ini menamai mamalia kecil itu dengan sebutan 'tikus wai'.

"Wai itu bahasa lokal artinya air. Mys bahasa latin artinya tikus. Jadi kita sebut Waiomys. Sementara Mamasae tempat ditemukannya," kata peneliti LIPI Anang Achmadi.

Anang menyampaikan hal ini ketika ditemui di Puslitbang Biologi LIPI, Jl Raya Bogor KM 46, Cibinong, Jawa Barat, Jumat (4/7/2014). Tapi ada cerita lain dari warga setempat soal tikus ini.

"Warga sekitar percaya tikus ini makhluk keramat," kata Anang.

Menurut tokoh masyarakat setempat, Anang menambahkan, tikus ini membawa keberuntungan bagi yang memilikinya. Nasib baik tak berkesudahan akan datang pada orang yang memelihara dan merawat tikus ini.

"Jadi ada tokoh yang dituakan di sana, dia bilang tikus ini akan menjauhkan pemeliharanya dari kebakaran, lalu akan murah rejekinya, intinya diyakini menolak kemalangan," ujar Anang

Entah alasan apa yang membuat tikus air ini spesial di kalangan warga setempat. Menurut Anang, kemungkinannya karena tikus ini sulit dijumpai manusia.

"Mungkin karena jarang bertemu manusia, kan dia makhluk nocturnal, aktif malam hari," ujar Anang mencoba logis.

Walau Anang tidak menceritakan lebih jauh kemistisan tikus ini yang diyakini warga, ia setuju masih banyak misteri yang meliputi pengerat dengan bulu berminyak warna abu-abu gelap itu. Namun misteri yang ingin dikuak Anang sebagai ilmuwan yang menemukan tikus air itu berbeda dengan misteri yang diyakini warga setempat.

"Saat memasang perangkap dan menangkap tikus ini kita dibantu warga setempat. Awalnya mereka ingin menyimpannya karena yakin membawa keberuntungan itu. Tapi karena kita ingin menelitinya akhirnya diberikan ke kita," ujar Anang.

"Kita masih belum tahu bagaimana sifatnya, jumlahnya, siklus seksualnya dan masih banyak misteri lainnya," tutup Anang.

Sumur : detik.com

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memasukkan Gambar di Dalam Sel Google Spreadsheet dengan URL

Google Docs Spreadsheet adalah salah satu produk terbaru yang disediakan oleh google untuk publik, Spreadsheet sendiri fungsinya hampir sama seperti Microsoft Excel milik Microsoft. namun Spreadsheet berjalan secara online, jadi dibutuhkan koneksi internet untuk membuat dan menyimpannya. namun kali ini ini yang akan saya bagi adalah Cara Memasukkan Gambar di Sel pada spreadsheet dengan menggunakan url gambar di internet . Sekarang Anda dapat menambahkan gambar dan ikon untuk setiap sel spreadsheet di Google Docs menggunakan rumus IMAGE . Jika anda sudah punya akun Google anda bisa langsung masuk atau menuju ke halaman Spreadsheet dengan menekan url DISINI , Jika belum silahkan daftar akun Google terlebih dahulu pada ling dibawah ini. Cara Daftar Email Gmail dengan Mudah dan Cepat [ pakai gambar ] Untuk menambahkan gambar ke sel, sorot sel atau pilih salah satu sel di spreadsheet, klik F2 untuk masuk ke mode formula dan kemudian ketik = IMAGE(" URL ") di mana

Pengertian Array satu Dimensi, Dua Dimensi dan Multi Dimensi

Array satu dimensi Merupakan sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama dan elemen yang akan diakses hanya melalui1 indeks atau subskrip. Bentuk umum pendeklarasian: nama_array[jumlah_eleman]; Array dua dimensi Merupakan sebuah variabel yang menyimpansekumpulan data yang memiliki tipe sama dan elemen yang akan diakses melalui 2 indeks atau subskrip yaitu indeks baris dan indeks kolom. Bentuk umum pendeklarasian: nama_array[jumlah_eleman_baris] [jumah_eleme_kolom]; Array multidimensi Merupakan sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama dan elemen yang akan diakses melalui banyak indeks atau subskrip. Array seperti ini biasa digunakan untuk matik, array 2 dimensi juga termasuk kedalam array multidimensi

25 Google Script Paling Populer dan Berguna

G oogle Script menawarkan program akses ke sebagian besar produk Google termasuk Gmail, Google Docs, Google Drive, Analytics, Google Contacts, Calendar, Maps, dan Google Analytics. Script Google ditulis dalam bahasa JavaScript reguler dan disimpan pada server Google. Berikut adalah Google Apps Script yang Paling Populer dan Berguna (Gambar by Google Images) Berikut ini adalah koleksi terbaru dari Google Script yang akan membantu Anda berbuat lebih banyak dengan produk Google favorit Anda. Dan Anda tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menggunakan script ini. Website Uptime Monitor - Menerima email instan dan peringatan SMS Ketika website Anda turun. Anda dapat memantau semua domain web Anda secara gratis. Amazon Price Tracker - Melacak harga produk favorit Anda di Amazon dan mendapatkan email pemberitahuan ketika harga turun atau naik. Gmail Unsubscriber - Secara otomatis berhenti berlangganan alamat email Anda dari milis dan email massal. Read Receipts in