Skip to main content

Cara Termudah Membuat ScreenShot atau Print Screen di Laptop

Bagaiamana membuat atau mengambil screenshot dengan mudah di PC atau laptop? anda tidak perlu khawatir dan memikirkan banyak hal yang akan anda lakukan karena cara yang akan saya berikan ini memang sangat mudah hanya dengan satu dua klik langsung jadi sebuah file gambar dengan format yang anda ingin tentukan dari Jpg hngga Png. 
cara mengambil screenshot atau printscreen dengan sangat mudah
(Gambar diambil dari Google Image)

Pertanyaanya sekarang, apakah cara ini menggunakan software bantuan? jawabanya IYA.
apakah kita harus download software tersebut dulu? jawabanya terserah anda.

Kenapa terserah? karena screenshot ini bisa dilakukan dengan banyak cara dan tentunya dengan banyak software juga. namun soal mana cara yang harus dipilih itu tergantung anda sendiri lebih menyukai menggunakan cara yang mana, namun sebelum itu saya akan membahasnya terlebih dahulu beberapa cara tersebut. oke langsung saja ke cara membuat screenshot yang pertama..

1. Menggunakan software bawaan windows 'Paint'

Paint adalah salah satu software bawaan wndows yang tidak perlu kita install lagi, dengan kata lain tinggal anda gunakan. bagaimana caranya?
  • Buka Aplikasi Paint (letaknya tekan tombol Windows dipojok kiri bawah, Pilih All Program, Pilih Accessories, Pilih Paint)
  • Kembali ke layar yang ingin anda foto atau screenshot
  • Tekan tombol (insert /prt sc) biasanya berada di pojok kanan atas
  • Jika sudah anda tekan lalu kembali ke 'Paint' 
  • Selanjutnya tinggal Paste disitu, atau bisa dengan menekan CTRL + V dan gambar akan muncul disitu.
  • Selanjutnya tinggal anda simpan dengan menekan tombol CTRL + S

2. Screen Shot Menggunakan Snipping Tool

Apa bedanya dengan Paint? Bedanya Aplikasi ini lebih mudah dibaning Paint, dan kita bisa langsung mengedit saat itu juga.

Caranya sebagai berikut :
  • Buka Aplikasi Snipping Tool (letaknya tekan tombol Windows dipojok kiri bawah, Pilih All Program, Pilih Accessories, Pilih Snipping Tool)
  • Lalu Klik dan Drag bagian yang ingin kalian Potret atau simpan sebagai file.
  • Setelah itu anda bisa menambahkan tulisan atau menyorot bagian-bagian yang anda rasa penting.
  • Setelah itu tinggal kalian tekan CTRL + S untuk menyimpan.

3. PrintScreen Menggunakan Aplikasi Lightshot

Keunggulan aplikasi ini dibanding dengan 2 cara sebelumnya adalah aplikasi ini bisa mengambil gambar secara langsung saat kita tekan tmbol (Insert/ Prt Sc) dan bisa kita tambahkan teks didalam gambar yang anda ambil tadi.
Beriut adalah cara-caranya untuk mengambil gambar print screen menggunakan Lightshot
  • Sebeumnya Install Aplikasi Lightshot tersebut, Jika anda belum mempunyai filenya bisa anda download di SINI atau masuk di url http://download.cnet.com/LightShot/3000-18513_4-75029864.html
  • Jika sudah selesai download silahkan anda install terlebh dahulu, sampai selesai dan aplikasi tersebut akan otomatis berjalan.
  • Jadi ketika anda ingin mengambil gambar screenshot anda tinggal menekan tombol (Insert / Prt Sc dipojok kanan atas) Jika tidak bisa kemungkinan harus menekan tombol fn juga kalau diperlukan (jadi Fn + Insert/prt sc)
  • Setelah itu tinggal kalian klik dan drag bagian yang ingin kalian ambil
  • setelah itu akan muncul bagian printscreen yang anda inginkan. disini anda bisa menambahkan teks, kolom atau tanda-tanda lainya secara langsung.
  • Jika sudah tinggal anda simpan dengan menekan tombol CTRL + S atau pilih Save.
NB : Tidak semua keyboard memiliki fitur yang sama, ada yang bisa langsung menekan tombol print screen (Insert/ Prt Sc) ada juga yang harus ditekan bersamaan dengan tombol fn.Jadi apabila terjadi kesulitan anda bisa menggunan cara-cara tersebut.

Dari tiga pilihan cara mengambil gambar layar atau sering disebut Screenshot tergantung anda ingin menggunakan cara yang mana. dan tentunya semua cara bisa digunakan dengan baik dan hasil yang menurut saya cukup maksimal.
Jika ada hal-hal yang mungkin anda belum paham anda bisa tanyakan langsung ke saya di dalam kolom komentar dibawah ini. saya akan berusaha secepatnya membalas pertanyaan anda. dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda dan orang-orang di sekeliling anda.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Memasukkan Gambar di Dalam Sel Google Spreadsheet dengan URL

Google Docs Spreadsheet adalah salah satu produk terbaru yang disediakan oleh google untuk publik, Spreadsheet sendiri fungsinya hampir sama seperti Microsoft Excel milik Microsoft. namun Spreadsheet berjalan secara online, jadi dibutuhkan koneksi internet untuk membuat dan menyimpannya. namun kali ini ini yang akan saya bagi adalah Cara Memasukkan Gambar di Sel pada spreadsheet dengan menggunakan url gambar di internet . Sekarang Anda dapat menambahkan gambar dan ikon untuk setiap sel spreadsheet di Google Docs menggunakan rumus IMAGE . Jika anda sudah punya akun Google anda bisa langsung masuk atau menuju ke halaman Spreadsheet dengan menekan url DISINI , Jika belum silahkan daftar akun Google terlebih dahulu pada ling dibawah ini. Cara Daftar Email Gmail dengan Mudah dan Cepat [ pakai gambar ] Untuk menambahkan gambar ke sel, sorot sel atau pilih salah satu sel di spreadsheet, klik F2 untuk masuk ke mode formula dan kemudian ketik = IMAGE(" URL ") di mana

Pengertian Array satu Dimensi, Dua Dimensi dan Multi Dimensi

Array satu dimensi Merupakan sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama dan elemen yang akan diakses hanya melalui1 indeks atau subskrip. Bentuk umum pendeklarasian: nama_array[jumlah_eleman]; Array dua dimensi Merupakan sebuah variabel yang menyimpansekumpulan data yang memiliki tipe sama dan elemen yang akan diakses melalui 2 indeks atau subskrip yaitu indeks baris dan indeks kolom. Bentuk umum pendeklarasian: nama_array[jumlah_eleman_baris] [jumah_eleme_kolom]; Array multidimensi Merupakan sebuah variabel yang menyimpan sekumpulan data yang memiliki tipe sama dan elemen yang akan diakses melalui banyak indeks atau subskrip. Array seperti ini biasa digunakan untuk matik, array 2 dimensi juga termasuk kedalam array multidimensi

25 Google Script Paling Populer dan Berguna

G oogle Script menawarkan program akses ke sebagian besar produk Google termasuk Gmail, Google Docs, Google Drive, Analytics, Google Contacts, Calendar, Maps, dan Google Analytics. Script Google ditulis dalam bahasa JavaScript reguler dan disimpan pada server Google. Berikut adalah Google Apps Script yang Paling Populer dan Berguna (Gambar by Google Images) Berikut ini adalah koleksi terbaru dari Google Script yang akan membantu Anda berbuat lebih banyak dengan produk Google favorit Anda. Dan Anda tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menggunakan script ini. Website Uptime Monitor - Menerima email instan dan peringatan SMS Ketika website Anda turun. Anda dapat memantau semua domain web Anda secara gratis. Amazon Price Tracker - Melacak harga produk favorit Anda di Amazon dan mendapatkan email pemberitahuan ketika harga turun atau naik. Gmail Unsubscriber - Secara otomatis berhenti berlangganan alamat email Anda dari milis dan email massal. Read Receipts in